Merubah Login Pada Windows XP


Penampilan user account dapat dimodifikasi jika terdapat lebih dari satu user. Anda dapat merubah gambar user, menampilkan beberapa teks dan pengumuman bagi pengguna lainnya. Pertama buka registry editor dengan cara klik “start menu | run | ketikan regedit”, kemudian cari key “HKEY_LOCAL_MACHINE | SOFTWARE | microsoft | windows NT | CurrentVersion | Winlogon“. Registry key tersebut mengandung informasi yang berhubungan dengan login pada windows XP. Anda bisa menambahkan value yang sesuai dengan jenisnya. Berikut adalah beberapa value registry yang bisa ditambahkan atau dimodifikasi.

Mengaktifkan password pada semua user
String valuenya adalah “DontDisplayLastUserName“, jika bernilai 1, maka semua pengguna harus mengetikan nama dan password untuk bisa masuk, kalau nilainya 0 maka nama user terakhir yang memakai komputer tetap tampil pada layar masuk windows.
Default user name
String value ini mengandung user yang terakhir masuk ke sistem komputer. Bila string pertama diatas tidak diaktifkan, secara otomatis value ini akan tampil.
Legal notice caption
Value ini untuk menampilkan kotak dialog sebelum layar login, standarnya LegalNoticeCaption berisi judul dari dialog tersebut, namun anda bisa merubahnya dengan cara mengetik judul kotak dialog yang diinginkan pada string ini.
Legal notice text
Kalau yang ini akan menampilkan isi dari kotak dialog dan digunakan bersama oleh legal notice caption.
Password expiry warning
Dword password expiry warning akan menampilkan pesan peringatan untuk segera merubah password beberapa hari sebelum password user diset untuk kadaluarsa. Masukan nilai berupa berapa hari komputer akan memberitahu user untuk merubah passwordnya.
Shutdown without logon
Pengaturan ini akan mengaktifkan atau menonaktifkan tombol pada layar login yang berfungsi untuk melakukan perintah shutdown. Beri nilai 1 untuk mengaktifkannya.
Shell
Tidak ada kaitannya dengan login, namun value ini menentukan shell atau “user interface” yang digunakan oleh windows XP. Defaultnya shell yang digunakan adalah explorer.exe. Anda bisa mengubahnya menjadi shell yang lain, misalnya : “Taskman.exe atau Progman.exe“. Dimana task man untuk program Task Manager dan progman untuk Program Manager.
Auto Restart Shell
Dword value yang juga tidak ada kaitannya dengan login, dimana nilai 1 yang berfungsi untuk menentukan bila terjadi error pada shell, apakah shell akan restart secara otomatis atau nilai 0 maka windows akan melakukan logoff dan login kembali untuk restart shell tersebut.
Kalau anda segan untuk mengutak atik registry editor, banyak program pihak ketiga yang bisa melakukan perubahan login hanya dengan beberapa kali klik seperti Tune Up Utilities yaitu sebuah tool perawatan windows lengkap dan lain sebagainya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s